Jumat, 16 Januari 2009

HALAMAN PENDAHULUAN

PENDAHULUAN


Mata kuliah Character Building untuk guru yang di ajarkan pada Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nergri Syarif Hidayatullah Jakarta berisi usaha penanaman karakter, bertaqwa kepada Allah, Kematangan kepribadian, Kemampuan Bersosialisasi, Kematangan emosional, Kematangan Intelektual, Kematangan Vokasional dan Kemampuan Membina.

Karakter Yang pertama yaitu Ketaqwaan Kepada Allah. guru yang memiliki karakter taqwa yaitu guru yang luar biasa disebabkan dia adalah manusia yang sudah tinggi darjatnya. Sebab itulah dia dibantu dan dibela oleh Tuhan. Dan hanya orang bertaqwalah yang akan selamat dunia akhirat.

Karakter yang kedua yaitu Kematangan kepribadian. guru yang memiliki Kematangan Kepribadian adalah ciri, karakteristik, gaya atau sifat-sifat yang memang khas dikaitkan dengan diri kita. Dapat dikatakan bahwa kepribadian itu bersumber dari bentukan bentukan yang kita terima dari lingkungan, misalnya bentukan dari keluarga pada masa kecil kita dan juga bawaan-bawaan yang dibawa sejak lahir. Jadi yang disebut kepribadian itu sebetulnya adalah campuran dari hal-hal yang bersifat psikologis, kejiwaan dan juga yang bersifat fisik.

Karakter yang ketiga yaitu Kemamouan Bersosialisasi. Guru yang memiliki Kemamouan Bersosialisasi yaitu guru memiliki kepekaan sosial yang tinggi dalam dunia pendidikan khususnya, dan masyarakat umumnya.

Karakter yang keempat yaitu Kematangan emosional. guru yang mempunyai kematangan emosional yaitu guru yang bias bertindak sesuai usia , bias mengontrol emosi, dapat menghargai orang lain, tenggang rasa dan dapat menghargai oranglain.

Karakter yang kelima yaitu Kematangan Intelektual. Guru yang mempunyai Kematangan Intelektual yaitu guru yang mempunyai kemandirian berfikir, mampu melahirkan gagasan baru, menguasai sains dan teknologi, mampu menghargai gagasan orang lain dll.

Karakter yang kelima yaitu Kemampuan Vokasional. Guru yang mempunyai Kemampuan Vokasional yaitu guru yang bertanggung jawab, tahu hak dan kewajiban, jujur dan loyal, bermotivasi tinggi, kreatif dan terbuka kritik.

Karakter yang ketujuh yaitu Kemampuan Membina. Guru yang mempunyai kemampuan membina yaitu guru yang dapat disiplin, dapat memimpin, dapat berkomunikasi, empati, dan Decision Making yang efektif.

Dibawah ini akan dijelaskan pengertian tentang empat karakter beserta program yang saya sudah saya praktekkan. Diantaranya yaitu karakter Ketaqwaan, Kematangan Kepribadian, Kematangan Intelektual, dan Kematangan Bersosialisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar